Sebelum masuk ke kedalaman asuransi dan manfaatnya, kita harus tahu apa itu asuransi. Asuransi adalah sejenis kontrak atau kebijakan, di mana seorang individu dan / atau suatu entitas (keluarga atau organisasi), menerima perlindungan finansial, ganti rugi atau penggantian kerugian, dari perusahaan asuransi, dalam pertukaran premi.
Ada ratusan perusahaan saat ini menyediakan fasilitas asuransi. Semua orang mengklaim sebagai yang terbaik dalam bisnis dan dengan demikian menyampaikan pesan terbaik kepada publik. Ini sekarang menjadi industri besar. Bahkan banyak uang dihabiskan untuk iklan polis asuransi. Asuransi tergantung pada jumlah properti. Semakin banyak kota adalah sebuah metro, semakin besar industri asuransi. Kota-kota seperti New York City, Los Angeles, Mumbai dan Tokyo memiliki beberapa pasar asuransi terbesar.
Asuransi memberikan berbagai manfaat bagi pembeli jika terjadi keadaan darurat. Helm bersepeda memberikan perlindungan terhadap cedera kepala; juga polis asuransi memberikan ganti rugi terhadap kerugian akibat kerusakan. Asuransi adalah tindakan defensif yang diambil terhadap kerugian bersyarat di masa depan. Pada beberapa kondisi, di mana manusia tidak dapat menghindari kerugian seperti dalam beberapa bencana dan keadaan darurat. Jadi dalam semua kasus seperti itu, ia harus menghadapi kehilangan pendapatan atau tabungan. Jadi, polis asuransi adalah langkah pra-diambil, untuk mendapatkan manusia kompensasi atas kerugiannya.

Setiap jenis asuransi adalah penting dan memiliki manfaatnya sendiri

1. Asuransi jiwa

Bentuk asuransi ini memberikan perlindungan terhadap risiko keuangan dalam hal kematian dini tertanggung. Ada beberapa bentuk polis asuransi jiwa yang bentuknya paling sederhana yaitu term plan. Kebijakan kompleks lainnya adalah rencana endowmen, rencana seumur hidup, rencana uang kembali, ULIP, dan anuitas.

2. Asuransi mobil

Asuransi mobil menyediakan dana, jika kendaraan yang rusak dalam kecelakaan.
Perusahaan juga dapat mendanai orang yang terluka. Asuransi jiwa adalah polis yang mengasuransikan jiwa. Dalam hal kematian tertanggung, perusahaan memberikan kompensasi kepada anggota keluarga tertanggung atau penerima manfaat lainnya, yang ditentukan oleh tertanggung sebelum kematiannya.

3. Asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan memberikan pertanggungan biaya pengobatan bagi tertanggung, jika diperlukan. Ini mungkin termasuk tagihan rumah sakit dan pengeluaran yang dihabiskan untuk obat-obatan.

Beberapa jenis asuransi lain termasuk Asuransi Kebakaran, Asuransi Properti, Asuransi Bisnis, asuransi kewajiban, dll.

Sangat penting untuk memilih perusahaan asuransi terbaik, sesuai dengan kebutuhan Anda

Ada ratusan perusahaan asuransi yang saat ini tersedia di pasar. Cari paket terbaik yang cocok untuk Anda. Semakin banyak polis mencakup jenis kerugian, semakin baik nilai itu dibelokkan. Periksa jumlah yang ditawarkan oleh perusahaan. Yang paling penting saat memilih kebijakan yang tepat untuk diri Anda adalah mendapatkan informasi lengkap tentang premi yang Anda bayarkan kepada perusahaan.
Pastikan tidak ada tagihan tersembunyi. Secara kolektif, untuk mendapatkan asuransi yang baik dan dapat diandalkan, yang harus Anda lakukan, adalah mendapatkan penawaran dari situs web, mempertimbangkan cakupan yang ditawarkan, berkonsultasi dengan agen asuransi untuk mendapatkan ide-ide baru, mempertimbangkan di mana Anda tinggal dalam hal cakupan yang Anda butuhkan , dan tentunya, pikirkan deductible Anda, karena mereka mungkin juga penting untuk mengurangi premi Anda seminimal mungkin.

Membeli Asuransi

Ada beberapa kebijakan untuk dipilih. Karena kita tidak dapat melihat masa depan kita dan menghentikan hal-hal yang tidak menyenangkan terjadi, memiliki asuransi perlu. Tetapi Anda harus memilih dengan hati-hati. Jangan hanya mengikuti apa yang dikatakan agen kepada Anda. Baca dokumen kebijakan untuk mengetahui apa yang dicakup, fitur apa yang ditawarkan dan acara apa yang tidak termasuk dalam asuransi.

1. Ketahui Kebutuhan Anda

Menentukan aset atau kejadian apa yang harus dilindungi dari kehilangan / kerusakan. Apakah Anda hidup, sehat, kendaraan, rumah? Selanjutnya tentukan jenis kerusakan atau bahaya apa yang akan diekspos oleh aset tersebut. Ini akan memberi tahu Anda fitur apa yang harus Anda cari dalam suatu kebijakan. Tentu saja akan ada kerugian yang tidak dapat diramalkan dan biaya berurusan dengan mereka bisa sangat tinggi. Misalnya, tidak ada yang dapat memperkirakan bahwa mereka tidak akan pernah menderita penyakit kritis tidak peduli apakah mereka benar-benar sehat saat ini.
Kesalahan terbesar dalam membeli asuransi, khususnya asuransi jiwa adalah melihatnya sebagai investasi. Asuransi clubbing dan investasi dalam satu produk adalah ide yang buruk. Anda kalah di kedua sisi karena untuk premi Anda membayar lebih banyak pertanggungan bisa didapat dalam rencana jangka panjang dan jika premi diinvestasikan dalam instrumen yang lebih baik, pengembalian Anda bisa beberapa kali lebih banyak.
Berhati-hatilah terhadap agen yang ingin membujuk Anda untuk membeli polis yang tidak perlu seperti asuransi jiwa anak, asuransi kartu kredit, asuransi pengangguran, dan sebagainya. Alih-alih membeli asuransi terpisah untuk aset atau insiden tertentu, cari kebijakan yang mencakup sejumlah peristiwa yang mungkin terjadi di bawah perlindungan yang sama. Kapan saja mungkin memilih pengendara yang masuk akal daripada membelinya secara terpisah. Kecuali jika ada peluang yang adil dari suatu peristiwa yang terjadi, Anda tidak memerlukan asuransi untuk itu. Misalnya kecuali Anda sangat rentan terhadap kecelakaan dan kecacatan karena sifat pekerjaan Anda atau alasan lain, Anda tidak memerlukan polis Asuransi Kecelakaan. Polis Asuransi Jiwa yang baik dengan pengendara kematian yang tidak disengaja atau pengabaian pengendara premium atau pengendara cacat akan melakukan pekerjaan itu.

2. Memahami Fitur dan Biaya Produk

Cara terburuk untuk memilih produk asuransi atau perusahaan asuransi adalah dengan membabi buta mengikuti rekomendasi agen atau teman. Cara yang baik untuk melakukannya adalah dengan mencari-cari produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan menyaring yang menawarkan premi lebih rendah untuk persyaratan serupa seperti usia, jumlah perlindungan, dll. Semua detail yang Anda butuhkan tentang fitur produk dan biaya akan diberikan pada situs web perusahaan. Banyak polis asuransi sekarang dapat dibeli secara online. Membeli online lebih pintar karena premi lebih rendah karena penghapusan biaya agen. Jika membeli offline jika ada asuransi jiwa, beri tahu agen bahwa Anda hanya tertarik pada asuransi berjangka.
Sebelum Anda menandatangani kontrak, pastikan Anda sudah memahami barang-barang apa saja yang dicakup dan barang-barang apa yang dibebaskan dari sampulnya. Akan sangat menghancurkan untuk mengetahui jika terjadi kerusakan atau kerugian sehingga barang yang ingin Anda tutupi dengan asuransi benar-benar dikecualikan. Begitu banyak orang bergegas ke perusahaan asuransi mereka setelah dirawat karena penyakit hanya untuk menyadari bahwa penyakit tertentu dikeluarkan. Memahami detail seperti kapan sampul dimulai dan berakhir dan bagaimana klaim dapat diajukan dan kerugian dilaporkan.
Jangan memilih perusahaan asuransi karena teman tetangga Anda adalah agen mereka dan tidak pernah membiarkan mereka membujuk Anda untuk membeli dari mereka. Premi asuransi berjalan selama bertahun-tahun dan itu berarti jumlah uang yang cukup besar. Terlepas dari premi yang dibebankan mencari layanan yang disediakan. Ketika Anda dihadapkan pada bahaya Anda ingin pengumpulan klaim diproses menjadi rumit dengan staf yang tidak bekerja sama di kantor perusahaan asuransi. Carilah jawaban dari orang-orang yang pernah memiliki pengalaman sebelumnya dengan perusahaan untuk pertanyaan seperti bagaimana ramah pelanggan dan responsif perusahaan dalam menangani klaim.

3. Evaluasi dan Tingkatkan dalam Waktu

Ketika Anda berjalan dari satu tahap kehidupan ke tahap kehidupan lainnya atau ketika aset yang diasuransikan berubah, kebijakan Anda harus ditinjau. Mungkin pertanggungan Anda perlu ditingkatkan (atau dikurangi) atau Anda perlu menambahnya dengan pengendara. Beberapa contoh ketika Anda perlu meninjau pertanggungan Anda adalah ketika Anda menikah, ketika Anda memiliki anak, ketika penghasilan Anda meningkat secara substansial, ketika Anda membeli rumah / mobil dan ketika Anda bertanggung jawab atas orang tua Anda yang sudah lanjut usia.

Menemukan polis asuransi yang paling tepat tidaklah mudah. Jadi, lain kali, jika Anda terus membeli polis, berhati-hatilah karena perampokan saat ini telah membuat semakin sulit untuk menemukan yang benar.